Anda tentunya sudah tahu apa itu sepeda, bukan? Ya, sepeda adalah alat transportasi roda dua yang dikendarai secara manual menggunakan tenaga manusia dengan mengayuh pedal sepeda. Sepeda digunakan sejak dulu kala untuk membantu pekerjaan manusia berpindah tempat menjadi lebih ringan dan tidak menghabiskan banyak energi dibandingkan berjalan kaki. Pada saat ini fungsi sepeda agaknya sudah berubah menjadi sebuah hobi yang menarik untuk dikerjakan bersama teman-teman dan rekreasi ke suatu tempat. Bersepeda sangat bagus sekali untuk kesehatan, kesegaran otak dan juga sebagai upaya mencegah pemanasan global.

Jenis-Jenis Sepeda

Ada banyak jenis-jenis sepeda menurut bentuk, fungsi dan kegunaannya. Berikut ini adalah beberapa diantara jenis-jenis sepeda yang ada :

Sepeda Hybrid

Hybrid adalah kombinasi dari kedua fitur sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda jalanan (road bikes).


Sepeda Low Rider

Sepeda Lowrider adalah sepeda custom dengan modifikasi yang berbeda dari sepeda pada umumnya. Sepeda ini biasanya memiliki bentuk yang panjang pada bagian lengan ayun ataupun kemudinya.




Sepeda BMX

Sepeda BMX adalah sepeda atraksi yang digunakan untuk menunjukkan keterampilan (hobi) dalam bersepeda. Beberapa atraksi yang biasa dilakukan dengan sepeda BMX diantaranya : stoppie, wheely, 180, TurnDown, BunnyHop Barspin, Tailwip, dll.




Sepeda Gunung

Sepeda gunung adalah sepeda olahraga yang digunakan untuk medan perbukitan atau jalanan di daerah gunung. Dalam mengendarai sepeda ini biasanya harus dilengkapi dengan beberapa pelindung diri sebagai keselamatan.



Sepeda Tandem

Sepeda tandem adalah sepeda yang bisa digowes oleh lebih dari 1 orang (bisa 2 atau 3 orang atau lebih). 




Sepeda Downhill




Sepeda Listrik


Sepeda Onthel (Jengki)


Itulah jenis-jenis sepeda menurut bentuk, fungsi dan kegunaannya. Apabila ada jenis sepeda yang lain yang belum disebutkan, silahkan tambahkan di komentar.